Freevide.blogspot.com (Informasi Tentang Dunia Komputer)

Search This Blog

Tuesday, December 20, 2011

Samsung Galaxy Tab 10,1 Inch Vs Apple Ipad 2 (Detail)

Samsung Galaxy Tab 10,1 Inch Vs Apple iPad 2. Samsung dan Apple sama-sama merilis model table baru di bulan Maret lalu. Seolah sengaja membawa produk mereka untuk berhadapan secara head to head di pasar. Siapa layak menang?
Bulan lalu, Apple akhirnya secara resmi mengumumkan keberadaan iPad 2, dan diluncurkan pada April 2011 ini. Banyak orang menunggu kehadirannya, dan memperhitungkan tablet ini bakal sukses besar meneruskan sukses iPad orisinil. Pada saat yang sama, Samsung mengumumkan empat versi baru tablet Galaxy tab 8.9 inch, dan Galaxy Tab 8.9 inch 3G.
Keempatnya tak hanya beda dalam ukuran layar dan dukungan untuk mengakses layanan komunikasi data tapi juga dalam beberapa hal lain misalnya tingkat kecepatan prosesor yang digunakan, dan lain-lain.
Samsung Galxy 10.1 inch vs iPad 2 Samsung Galaxy Tab 10,1 Inch Vs Apple Ipad 2 (Detail)
Samsung Galxy 10.1 inch vs iPad 2
Tahun lalu, ketika Samsung mengumumkan keberadaan Galaxy Tab, banyak pengamat memperhitungkan bahwa perangkat ini bakal mematahkan dominasi iPad. Tapi kenyataannya tidak. Salah satu faktor penyebabnya adalah OS Android 2.2 yang ditanam di Galaxy Tab pada waktu itu belum cukup matang untuk mendukung kinerja tablet.
Akibatnya, layar Galaxy Tab tak seresponsif iPad.
Selanjutnya, Samsung memasang Honeycomb yang didesain khusus untuk perangkat PC tablet. Walhasil, kinerja Galaxy Tab menjadi jauh lebih baik, dan kinerja penjualannya kencang pula.
Dalam perjalannya, Galaxy Tab tampil sebagai tablet paling populer kedua di bawah iPad.
Akankah, Galaxy Tab 10.1 inch sanggup mematahkan iPad 2. Mari kita lihat perbandingannya.

Galaxy Tab Vs iPad 2

Perbandingan Galaxy 10.1 inch dan iPad 2

Berat

Samsung Galaxy Tab 10.1 inch unggu dengan berat 595 gram, terpaut 6 gram dibanding iPad 2 Wi-Fi yang bobot 601 gram. Pemenang: Galaxy Tab 10.1 inci.

Ukuran layar

Samsung Galaxy Tab 10.1 inch punya panjang garis diagonal layar 10.1 inci. Lebih lega ketimbang layar iPad 2 yang 9.7 inci. Pemenang Galaxy Tab 10.1 inci.

Resolusi Layar

iPad 2 menyandang layar LED-backlit IPS TFT, capacitive touchscreen 16 juta warna, resolusi 1024×768 piksel. Didukung teknologi oleophobic surface yang menjadikannya anti gores dan anti jejak sidik jari. Juga memiliki fitur multi touch input method, accelerometer sensor for auto-rotate, dan three-axis gyro sensor.apple Ipad2 600x240 Samsung Galaxy Tab 10,1 Inch Vs Apple Ipad 2 (Detail)
Sedangkan  Galaxy Tab 10.1 inch disandangi layar TFT capacitive touchscreen, 16 juta warna, 800×1280 pikse. Didukung sistem antarmuka TouchWiz UX UI, multi touch input method, accelerometer sensor for UI auto-rotate, three-axis gyro sensor, touch-sensitive controls, dan swype text input.
Di wilayah ini, kualitas keduanya amat sulit dibandingkan. Namun demikian kalau parameternya adalah ukuran piksel, Galaxy Tab 10.1 ich unggul. Namun karena layarnya lebih lebar, efeknya secara visual mungkin sama. Sedangkan kalau parameternya adalah kekayaan fitur layar, samsung lagi-lagi unggul dengan menghadirkan lebih banyak fitur. Pemenang : Galaxy Tab 10.1 inch.

Kamera Galaxy 10.1 inch dan iPad 2

Galaxy tab 10.1 inch dipersenjatai kamera depan 2 megapiksel, dengan kemampuan video recording 1080p. Di titik ini, iPad 2 masih jauh tertinggal, karena hanya mengandalkan kamera VGA dan kemampuan menghasilkan rekaman video pada kecepatan 30 per detik saja. Pemenang: Galaxy Tab 10.1 inch.

Prosesor

Galaxy Tab 10.1 inch ditopang prosesor dual core 1GHz. Sedangkan iPad 2 berprosesor dual-core ARM Cortex A9 900MHz, yang didesain untuk menghasilkan kinerja tinggi namun hemat daya baterai. Pemenang : ?

Konektivitas

Keduanya sama-sama menyediakan dukungan konektivitas Wi-Fi dan Wi-Fi + 3G. Pemenang: ?samsung galaxy tab 10.1 inch3 600x465 Samsung Galaxy Tab 10,1 Inch Vs Apple Ipad 2 (Detail)

Kapasitas memori

Galaxy Tab 10.1 inch hadir dengan opsi kapasitas memori penyimpanan 16 GB, 32 GB dan belum mengumumkan opsi 64GB, tapi kami yakin samsung akan mengeluarkan opsi tersebut. Sedangkan iPad 2 sudah mengumumkan opsi 16 GB, 32 GB dan 64 GB. Pemenang:?

Aplikasi

iPad 2 didukung 60.000 aplikasi yang tersedia di App Store. Dan jumlah ini akan terus tumbuh. Perlu dicatat, semua aplikasi itu dedesain dan dioptimasi khusus untuk iPad 2, jadi tidak ada masalah kompatibilitas dengan perangkat ini, termasuk kompabilitas yang berkaitan dengan ukuran layar.
Galaxy Tab 10.1 inch punya rentang luas pilihan aplikasi di Android Market, tapi aplikasi-aplikasi tersebut pada umumnya tidak didesain khusus untuk satu model perangkat. Jadi, samsung harus mengembangkan lebih banyak aplikasi untuk mendukung samsung galaxy Tab 10.1 inch. Sementara itu, pada saat yang sama, jumlah aplikasi akan terus tumbuh hingga makin sulit terkejar. Pemenang: iPad 2

Sistem operasi

iPad 2 dijalankan dengan sistem operasi (OS) IOS 4. Sedangkan samsung galaxy tab 10.1 inch didukung android v3 alias Honeycomb. Kami memutuskan di kategori ini tidak ada pemenang. Karena masih menunggu demo apa saja yag bisa dilakukan kedua perangkat dengan dukungan masing-masing OS-nya. Pemenang : ?

Adobe Flash Player

samsung galaxy tab 10.1 ich mendukung versi terbaru adobe flash player. Sebaliknya iPad 2 takn menyediakan dukungan untuk Flash Player.
iPad masih menggunakan program lain yang dimodifikasi agar memiliki kinerja seperti Flash Player. Tapi ini bukan berarti punya dukungan Flash Player. Pemenang: Galaxy Tab 10.1 inch.

Kesimpulan Galaxy Tab 10.1 Vs iPad 2

Galaxy tab 10.1 inch unggul atas iPad dalam berbagai hal. Jadi, dalam pandangan saya, Galaxy Tab 10.1 inch berpotensi menjadi penjegal iPad 2 di pasar global. Tapi perlu dicatat, iPad 2 punya basis pelanggal loyal pada produk-produk Apple. Sementara itu, tingkat popularitas iPad pun sudah jauh lebih tinggi ketimbang Galaxy Tab. Dan ada pandangan umum bahwa memiliki perangkat iPad lebih prestisius ketimbang nmemiliki Galxy Tab. Faktor ini berpotensi turut memberi kontribusi pada kinerja penjuualan masing-masing produk. Samsung harus bekerja lebih keras untuk mematahkan popularitas dan citra prestisius itu.
Apa pendapat anda tentang Pc Tablet Samsung Galaxy 10.1 inch dan iPad 2?
referensi : Tabloid BestPhone

No comments:

Post a Comment