Freevide.blogspot.com (Informasi Tentang Dunia Komputer)

Search This Blog

Wednesday, January 4, 2012

Akhir 2011, Windows 7 Kuasai 42% PC Dunia


NEW YORK - Dua tahun setelah debutnya, Windows 7 diperkirakan menjadi sistem operasi PC nomor satu di akhir 2011 nanti.

Demikian klaim firma riset Gartner sebagaimana dikutip Cnet, Rabu (10/8/2011). Gartner mensinyalir, sebelum tahun ini berakhir, versi anyar Windows itu bakal digunakan oleh 42 persen PC di seluruh dunia.

Lebih lanjut, riset terbaru Gartner juga menunjukkan bahwa 94 persen komputer baru yang dikirimkan tahun ini akan menggunakan Windows 7. Itu berarti terdapat 635 juta Windows 7 baru di tahun 2011 saja.

Statistik terbaru dari Net Applications menemukan bahwa saat ini Windows 7 masih menguasai sekira 28 persen pasar OS. Sementara, Windows XP tetap mendominasi pasar, meski mulai kehilangan pengguna.

Migrasi ke Windows 7 oleh perusahaan diperkirakan bakal meningkat pesat tahun ini. Namun, Gartner mengklaim, tidak semua perusahaan bersedia melakukannya.

"Pertumbuhan budget IT yang stabil di 2010 dan 2011 turut membantu meningkatkan penggunaan Windows 7 di lingkungan enterprise di Amerika Serikat dan Asia Pasifik," jelas direktur riset Gartner Annette Jump.

"Kendati begitu, kondisi ekonomi yang tidak pasti di Eropa, ketidakstabilan politik di sejumlah negara Timur Tengah dan Afrika, serta kemunduran ekonomi di Jepang setelah bencana gempa bumi dan Tsunami bisa jadi membuat migrasi ke Windows 7 di wilayah-wilayah tersebut berjalan lambat," tambahnya.

Gartner mengklaim Windows 7 mungkin menjadi OS terakhir Microsoft yang langsung di-install di perusahaan dalam skala besar. Di masa mendatang, banyak perusahaan diperkirakan lebih memilih menggunakan virtualisasi dan cloud computing untuk menghadirkan desktop Windows bagi para penggunanya.

Sementara itu, popularitas Mac OS di lingkungan enterprise juga meningkat dalam setahun terakhir. Gartner mencatat, sistem operasi Apple itu akan digunakan oleh sekira 4,5 persen PC tahun ini, atau naik 4 persen dari 2010.

Linux juga diprediksi akan tetap menjadi pemain kecil di pasar PC dalam beberapa tahun ke depan dengan share kurang dari 2 persen. Begitu pula halnya dengan Chrome OS dan Android (Google) dan WebOS (HP).

No comments:

Post a Comment